Senin, 07 Mei 2012

Cara mengatasi strees dalam bekerja

Siapa yang tidak pernah mengalami Stress dalam pekerjaan ?

Setiap orang dari kita pasti pernah mengalami Stress dalam pekerjaan . Faktor atau penyebab sesorang mengalami stress dalam pekerjaan adalah : 
FAKTOR INTERNAL
  1. Pekerjaan yg kita dapatkan itu tidak sesuai dengan bakat kita atau tidak sesuai dengan jabatan yg kita inginkan.
  2. Tidak puasnya hasil yg diterima selama bekerja,
  3. Tidak sesuai dengan tingkatan pendidikan kita.
  4. Tidak sesuai dengan cita cita misalnya ingin menjadi manager tetapi jabatan yg diterima hanyalah karyawan biasa.
FAKTOR EXSTERNAL
  1. Mendapat tekanan yg berlebihan dari atasan .
  2. Adanya persaingan dari karyawan sehingga menghambat tujuan dan cita cita
  3. Adanya tekanan dari luar pekerjaan misalnya dari keluarga 
  4. Penghasilan atau gaji yg tidak sesuai dengan kebutuhan
  5. Pekerjaan yg kita dapatkan terlalu monoton dan  membosankan
CARA MENGATASI STRESS DALAM BEKERJA

Ada banyak cara dalam mengatasi stress dalam bekerja namun cara ini dilakukan di luar dari jam kerja,
apabila cara ini dilakukan dalam jam kerja ada baiknya kita meminta ijin dulu kepada atasan untuk meminta Istirahat sejenak guna menangkan pikiran dengan cara menghirup udara segar di luar kantor atau gedung, namun bila cara mengatasi di luar jam kerja misalnya pada hari libur ,ada beberapa cara yg dapat di lakukan yaitu:
  1. Melakukan Rekreasi ketempat hiburan yg memang kita anggap dapat menghilangkan penat di kepala misalnya rekreasi di luar daerah melihat pemandangan dari pegunungan yang hijau dan sejuk. cara ini sangat ampuh sekali dalam mengatasi stress yg kita alami dengan menghirup udara segar maka aliran darah kita menjadi lancar dan juga dapat melemaskan otot otot yg tegang di kepala kita.
  2. Melakukan Olahraga , Olahraga sangat bagus sekali dapat membangkitkan stamina yg menurun dan dapat membuat kita menjadi semangat atau energik
  3. Melakukan aktivitas diluar jam kerja atau pada hari libur seperti menanam pepohonan atau merawat pepohonan yg sebelumnya sudah kita tanam cara ini juga ampuh sekali dalam menghilangkan penat di kepala.
  4. Dekatkan Diri Kepada Tuhan YME dengan mendekatkan diri kita kepada Tuhan YME segala masalah yg kita alami dapat teratasi. yg terpenting adalah kita sebagai makhluk yg beragama harus selalu bersyukur dengan apa yg sudah kita dapatkan sehingga apapun pekerjaan kita apapun profesi kita kalau kita bersyukur maka setiap pekerjaan setiap masalah dapat teratsi dengan sempurna Amien.
Motto: Jadikanlah Pekerjaan mu sebagai Hobi mu sehingga tidak ada rasa bosan dalam melakukan dan melaksanakan pekerjaan mu .

0 komentar

Posting Komentar